Penganggaran adalah bagian yang sangat penting dari perusahaan kecil dan besar. Sayangnya, masih banyak perusahaan kecil yang terkadang tidak menghargai hal ini.
Salah satu alasannya adalah pelaporan keuangan masih dianggap kompleks dan memakan waktu. Ada banyak contoh laporan keuangan sederhana yang bisa dijadikan referensi jika diinginkan.
Sebagai contoh, di bawah ini adalah penjelasan sederhana tentang cara menyusun laporan keuangan, serta contoh laporan keuangan umum yang dapat digunakan sebagai referensi untuk laporan keuangan usaha kecil.
Cara membuat laporan keuangan sederhana
Meski bisnis Anda masih kecil, Anda tidak boleh lalai dalam menyiapkan laporan keuangan. Jangan hanya fokus pada omset yang tinggi, abaikan proses cash flow yang sebenarnya dari bisnis Anda.
Ada beberapa langkah sederhana untuk membuat laporan keuangan sederhana untuk bisnis kecil.
1. Buat jurnal pengeluaran
Ini juga merupakan ide yang baik untuk membuat buku besar terpisah untuk mencatat pengeluaran saat memulai bisnis.
Catatan ini dirancang untuk mencatat semua pengeluaran bisnis mulai dari pembelian produk. Oleh karena itu, akan mudah bagi Anda untuk mengetahui jumlah pinjaman utama yang diberikan untuk bisnis.
2. Buat file masukan
Semua penerimaan keuangan, bukan hanya biaya pendaftaran, harus diidentifikasi dengan jelas. Ini termasuk pendapatan dari penjualan produk di atas pinjaman. Sebaiknya jalankan jurnal pendapatan ini setiap hari untuk memudahkan dalam menghasilkan laporan bulanan.
3. Buat buku kas utama
Akun ini dibuat dengan menggabungkan akun pendapatan dan pengeluaran. Perpaduan kedua buku ini bertujuan untuk memberikan analisis mendalam tentang tingkat kerugian atau tingkat keuntungan suatu organisasi.
Selain itu, membuat buku besar yang komprehensif ini dapat berfungsi sebagai dasar untuk perencanaan bisnis strategis di masa depan.
4. Reservasi buku
Bisnis selalu mencatat barang, bukan hanya uang. Arus barang masuk dan keluar juga harus terus dihitung dan dilakukan setiap hari. Logikanya, jika penjualan lebih tinggi, arus produk dan output harus lebih besar.
Buku persediaan ini dapat digunakan untuk melacak jumlah persediaan yang dimiliki oleh perusahaan atau untuk menghindari penipuan oleh pemasok atau karyawan perusahaan.
5. Buku daftar produk
Buku inventaris ini berfungsi sebagai catatan semua aset yang dimiliki, dibeli dan diterima oleh perusahaan. Selain itu, buku inventaris ini juga dapat digunakan untuk memverifikasi aset perusahaan.
Contoh laporan keuangan sederhana untuk usaha kecil
Contoh anggaran
Laporan keuangan pertama adalah neraca yang menunjukkan berapa banyak aset yang dimiliki perusahaan dan berapa hutang yang dimiliki perusahaan saat ini. Perhatikan bahwa jumlah aset dan kewajiban harus sama dalam neraca ini. Di bawah ini adalah contoh anggaran khas yang dapat digunakan sebagai referensi.
Akun: | Keseimbangan | |
---|---|---|
mengisi | Ucapan Terima Kasih | |
Uang: | 53.000.000 Drim | |
Peralatan: | 10.000.000 Drim | |
Modal disetor. | 50.000.000 Drim | |
Pinjaman kredit | 5.000.000 Drim | |
Biaya gaji | 2.000.000 Drim | |
Ini akan datang. | 10.000.000 Drim | |
65.000.000 Drim | 65.000.000 Drim |
Contohnya adalah laporan laba rugi.
Setelah mengambil neraca, buatlah neraca laba rugi, yang digunakan untuk menunjukkan berapa keuntungan yang diperoleh perusahaan dan berapa kerugian yang harus ditanggung perusahaan. Di bawah ini adalah contoh laporan laba rugi sederhana.
Laporan laba rugi | |||||
---|---|---|---|---|---|
Februari 2020 | |||||
Tidak ada akun. | Menghormati | ||||
Penjualan | 673.640.000 | ||||
Sikap kerja karyawan | 25.750.000 | ||||
Tagihan listrik | 4.150.000 | ||||
Beban air | 570000 | ||||
Biaya bunga bank | 3.600.000 | ||||
Utang Usaha Penny: Toko Furnitur | 300.000 | ||||
Biaya Akun Penny: Buku Kantor. | 1.000.000 | ||||
Utang Usaha Penny: Konstruksi | 500.000 | ||||
Biaya pengiriman penjualan | 6.750.000 | ||||
Bagus untuk Dijual (HES) | 494.550.000 | + | |||
beban lain | - | ||||
Beban total | 537.170.000 | - | |||
Laba dan rugi untuk bulan berjalan | 136.470.000 |
Contohnya adalah laporan keuangan.
Kemudian buat laporan arus kas yang berguna untuk melihat berapa banyak uang yang masuk dan keluar. Di bawah ini adalah contoh laporan akuntansi sederhana.
akun keuangan | ||
---|---|---|
Januari 2020 | ||
Kegiatan praktis | ||
batas pemasukan | 124.550.000 | - |
mundur | 15.430.000 | |
Utang: | 45.000.000 | |
Hutang pinjaman | (45.750.000) | |
Ketentuan | 75.450.000 | |
Uang tunai untuk operasi | 214.680.000 | |
Kegiatan investasi | ||
Memperoleh properti | (35.450.000) | |
penjualan properti | 41.650.000 | |
Apel: | (15.350.000) | |
Uang tunai untuk kegiatan investasi | (9.150.000) | |
Kegiatan keuangan | ||
Sebuah dividen telah dibayarkan. | (61.350.000) | |
Penebusan saham biasa | (35.000.000) | |
Uang tunai untuk mendukung operasi | (96.350.000) | |
Uang meningkat | 320.180.000 | |
Tunai dan Tunai 1/1/2013 | 221.543.000 | |
Kas dan setara kas per 31/11/2013 | 541.723.000 |
Contoh pernyataan tentang perubahan modal
Pernyataan perubahan modal kerja saat menjalankan usaha kecil harus disiapkan untuk menggambarkan perubahan modal dasar, termasuk perubahan modal dasar. Di bawah ini adalah contoh perubahan bisnis kecil dalam laporan ekuitas.
Laporan perubahan ekuitas | ||
---|---|---|
31 Desember 2019 | ||
Modal awal | 200.000.000 Drim | |
batas pemasukan | 85.000.000 rubel | |
Pribadi | -10.000.000 Rp | |
Peningkatan modal | 75.000.000 Drim | |
Ekuitas ditutup pada 31 Desember 2019. | 275.000.000 Drim |
Hasil
Nah, berikut ini penjelasan sederhana tentang cara menyusun laporan keuangan usaha kecil, serta contoh laporan keuangan umum yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang menjalankan usaha kecil namun masih bingung bagaimana cara menyusun laporan keuangan yang akurat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar