Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Beserta Contohnya Untuk Usaha Kecil - Blogger Tekno

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 29 September 2022

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Beserta Contohnya Untuk Usaha Kecil

Penganggaran adalah bagian yang sangat penting dari perusahaan kecil dan besar. Sayangnya, masih banyak perusahaan kecil yang terkadang tidak menghargai hal ini.

Salah satu alasannya adalah pelaporan keuangan masih dianggap kompleks dan memakan waktu. Ada banyak contoh laporan keuangan sederhana yang bisa dijadikan referensi jika diinginkan.

Sebagai contoh, di bawah ini adalah penjelasan sederhana tentang cara menyusun laporan keuangan, serta contoh laporan keuangan umum yang dapat digunakan sebagai referensi untuk laporan keuangan usaha kecil.

Cara membuat laporan keuangan sederhana

Meski bisnis Anda masih kecil, Anda tidak boleh lalai dalam menyiapkan laporan keuangan. Jangan hanya fokus pada omset yang tinggi, abaikan proses cash flow yang sebenarnya dari bisnis Anda.

Ada beberapa langkah sederhana untuk membuat laporan keuangan sederhana untuk bisnis kecil.

1. Buat jurnal pengeluaran

Ini juga merupakan ide yang baik untuk membuat buku besar terpisah untuk mencatat pengeluaran saat memulai bisnis.

Catatan ini dirancang untuk mencatat semua pengeluaran bisnis mulai dari pembelian produk. Oleh karena itu, akan mudah bagi Anda untuk mengetahui jumlah pinjaman utama yang diberikan untuk bisnis.

2. Buat file masukan

Semua penerimaan keuangan, bukan hanya biaya pendaftaran, harus diidentifikasi dengan jelas. Ini termasuk pendapatan dari penjualan produk di atas pinjaman. Sebaiknya jalankan jurnal pendapatan ini setiap hari untuk memudahkan dalam menghasilkan laporan bulanan.

3. Buat buku kas utama

Akun ini dibuat dengan menggabungkan akun pendapatan dan pengeluaran. Perpaduan kedua buku ini bertujuan untuk memberikan analisis mendalam tentang tingkat kerugian atau tingkat keuntungan suatu organisasi.

Selain itu, membuat buku besar yang komprehensif ini dapat berfungsi sebagai dasar untuk perencanaan bisnis strategis di masa depan.

4. Reservasi buku

Bisnis selalu mencatat barang, bukan hanya uang. Arus barang masuk dan keluar juga harus terus dihitung dan dilakukan setiap hari. Logikanya, jika penjualan lebih tinggi, arus produk dan output harus lebih besar.

Buku persediaan ini dapat digunakan untuk melacak jumlah persediaan yang dimiliki oleh perusahaan atau untuk menghindari penipuan oleh pemasok atau karyawan perusahaan.

5. Buku daftar produk

Buku inventaris ini berfungsi sebagai catatan semua aset yang dimiliki, dibeli dan diterima oleh perusahaan. Selain itu, buku inventaris ini juga dapat digunakan untuk memverifikasi aset perusahaan.

Contoh laporan keuangan sederhana untuk usaha kecil

Contoh anggaran

Laporan keuangan pertama adalah neraca yang menunjukkan berapa banyak aset yang dimiliki perusahaan dan berapa hutang yang dimiliki perusahaan saat ini. Perhatikan bahwa jumlah aset dan kewajiban harus sama dalam neraca ini. Di bawah ini adalah contoh anggaran khas yang dapat digunakan sebagai referensi.

Akun: Keseimbangan
mengisi Ucapan Terima Kasih
Uang: 53.000.000 Drim
Peralatan: 10.000.000 Drim
Modal disetor. 50.000.000 Drim
Pinjaman kredit 5.000.000 Drim
Biaya gaji 2.000.000 Drim
Ini akan datang. 10.000.000 Drim
65.000.000 Drim 65.000.000 Drim

Contohnya adalah laporan laba rugi.

Setelah mengambil neraca, buatlah neraca laba rugi, yang digunakan untuk menunjukkan berapa keuntungan yang diperoleh perusahaan dan berapa kerugian yang harus ditanggung perusahaan. Di bawah ini adalah contoh laporan laba rugi sederhana.

Laporan laba rugi
Februari 2020
Tidak ada akun. Menghormati
Penjualan 673.640.000
Sikap kerja karyawan 25.750.000
Tagihan listrik 4.150.000
Beban air 570000
Biaya bunga bank 3.600.000
Utang Usaha Penny: Toko Furnitur 300.000
Biaya Akun Penny: Buku Kantor. 1.000.000
Utang Usaha Penny: Konstruksi 500.000
Biaya pengiriman penjualan 6.750.000
Bagus untuk Dijual (HES) 494.550.000 +
beban lain -
Beban total 537.170.000 -
Laba dan rugi untuk bulan berjalan 136.470.000

Contohnya adalah laporan keuangan.

Kemudian buat laporan arus kas yang berguna untuk melihat berapa banyak uang yang masuk dan keluar. Di bawah ini adalah contoh laporan akuntansi sederhana.

akun keuangan
Januari 2020
Kegiatan praktis
batas pemasukan 124.550.000 -
mundur 15.430.000
Utang: 45.000.000
Hutang pinjaman (45.750.000)
Ketentuan 75.450.000
Uang tunai untuk operasi 214.680.000
Kegiatan investasi
Memperoleh properti (35.450.000)
penjualan properti 41.650.000
Apel: (15.350.000)
Uang tunai untuk kegiatan investasi (9.150.000)
Kegiatan keuangan
Sebuah dividen telah dibayarkan. (61.350.000)
Penebusan saham biasa (35.000.000)
Uang tunai untuk mendukung operasi (96.350.000)
Uang meningkat 320.180.000
Tunai dan Tunai 1/1/2013 221.543.000
Kas dan setara kas per 31/11/2013 541.723.000

Contoh pernyataan tentang perubahan modal

Pernyataan perubahan modal kerja saat menjalankan usaha kecil harus disiapkan untuk menggambarkan perubahan modal dasar, termasuk perubahan modal dasar. Di bawah ini adalah contoh perubahan bisnis kecil dalam laporan ekuitas.

Laporan perubahan ekuitas
31 Desember 2019
Modal awal 200.000.000 Drim
batas pemasukan 85.000.000 rubel
Pribadi -10.000.000 Rp
Peningkatan modal 75.000.000 Drim
Ekuitas ditutup pada 31 Desember 2019. 275.000.000 Drim

Hasil

Nah, berikut ini penjelasan sederhana tentang cara menyusun laporan keuangan usaha kecil, serta contoh laporan keuangan umum yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang menjalankan usaha kecil namun masih bingung bagaimana cara menyusun laporan keuangan yang akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here