Kembali ke situasi di awal tahun 2020 ketika pandemi covid-19 mulai melanda dan mengguncang sektor ekonomi di Indonesia, banyak perusahaan yang terlatih dalam pemasaran offline mulai beralih ke pemasaran online. Seorang penasihat pajak membutuhkan keahlian dari berbagai perusahaan.
Saat kita memasuki era digital pemasaran, strategi pemasaran terus berubah dengan tren baru yang muncul setiap saat. Hal inilah yang menjadikan jasa seorang akuntan begitu penting pada periode ini.
Apa itu konsultan pajak?
Beberapa perusahaan, juga perusahaan muda, terkadang tidak memiliki tim pemasaran yang baik. Dari situasi ini, perusahaan harus melakukan outsourcing sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas pemasaran mereka. Seringkali perusahaan menggunakan jasa akuntan untuk meningkatkan strategi pemasaran produk/jasa yang ada.
Menurut The Balance SMB, penasihat pajak adalah konsultan yang bekerja dengan perusahaan untuk mengembangkan dan menerapkan strategi pemasaran terbaik. Akuntan membantu perusahaan menentukan dan mencapai tujuan pemasaran.
Peran penasihat pajak
Sebagai pemasar dengan pengetahuan tentang tren utama, akuntan diharapkan untuk mengembangkan strategi yang baik dan akuntan diharapkan untuk mempresentasikan kinerja mereka kepada dewan direksi perusahaan. Di bawah ini Anda akan menemukan tawaran pekerjaan untuk konsultan pajak:
1. Analisis situasi bisnis
Akuntan diharapkan untuk mendengarkan dan belajar tentang masalah spesifik perusahaan. Dengan pengetahuan yang tersedia, seorang akuntan diharapkan dapat menganalisis potensi bisnis atau hambatan pemasaran. Beberapa perusahaan masih kesulitan untuk meningkatkan awareness, namun ada juga perusahaan yang ingin lebih fokus pada peningkatan angka penjualan. Tentu saja, setiap hak gadai memiliki solusi yang berbeda, dan penasihat pajak diperlukan untuk membantu memperjelas situasi.
2. Tentukan arah pemasaran
Dengan mengetahui situasi bisnis termasuk hambatan tersebut, akuntan dapat mengidentifikasi dan membuat pesan pemasaran yang ditargetkan pada berbagai platform yang digunakan oleh pelanggan dan mengembangkan strategi pemasaran yang tepat.
Penting untuk menentukan tujuan spesifik apa yang ingin dicapai perusahaan dalam hal pemasaran. Tentu saja, ini termasuk menentukan kelompok sasaran yang ingin dituju oleh perusahaan, apa perilaku konsumen dari produk tersebut, lokasi, dan kelompok usia.
3. Ringkasan strategi dan metode
Setelah mengetahui arah/tujuan perusahaan, seorang akuntan dapat menentukan KPI yang nantinya akan membantu merumuskan strategi pemasaran yang tepat. Contohnya adalah penerapan strategi pemasaran digital, karena ada KPI yang secara jelas mempengaruhi tenaga, waktu dan biaya seperti yang didefinisikan dalam kampanye pemasaran yang dilaksanakan.
4. Fasilitasi
Seorang akuntan harus memastikan bahwa strategi dan taktik yang direncanakan dan diterapkan berjalan dengan baik atau buruk dengan menganalisis kegiatan pemasaran perusahaan dari perusahaan yang bersangkutan dan memberikan referensi berdasarkan anggaran yang tersedia.
Belakangan ini, dengan maraknya penggunaan digital marketing, istilah agen digital semakin terdengar. Sebelum kita membahas mengapa merek harus menggunakan agen digital, mari kita kenali dulu istilah tersebut
Silakan mulai dengan kata agen atau agen terlebih dahulu. Agensi adalah perusahaan yang menyediakan layanan atau layanan kepada merek atau perusahaan lain untuk membantu proyek atau kampanye pemasaran, pencitraan merek, atau iklan. Ah, agen digital sendiri bisa dibilang agen yang membantu brand atau perusahaan menjalankan proyek atau kampanyenya menggunakan saluran digital, seperti media sosial, sebagai basis pemasaran.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar