Bisnis Laundry Makin Cuan dengan 5 Strategi Bisnis Ini - Blogger Tekno

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 13 Oktober 2022

Bisnis Laundry Makin Cuan dengan 5 Strategi Bisnis Ini

Laundry merupakan salah satu jenis usaha jasa yang sedang populer saat ini di perkotaan maupun pedesaan. Bisnis ini cukup menguntungkan dengan pengelolaan yang tidak terlalu berat.



Anda yang kesulitan mengelola bisa mencoba aplikasi Majoo untuk mempermudah pelaporan transaksi. Binatu dapat dikembangkan dengan berbagai cara.

Untuk memulai bisnis ini, Anda dapat menggunakan strategi berikut.

5 Strategi Bisnis Laundry untuk Meningkatkan Penjualan


Ada banyak binatu yang berfungsi, seperti binatu atau dry cleaning. Selain itu, ada juga self service laundry dimana hanya ada mesin cuci dan laundry saja.

Walaupun jenis kebebasannya berbeda-beda, namun strategi untuk mengembangkannya kurang lebih sama. Apalagi toko ini memiliki target audiens yang sangat luas: dari pelajar, pekerja kantoran hingga keluarga.

Strategi bisnis yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan lebih banyak bisnis tidak terlalu sulit. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda gunakan.

1. Menawarkan berbagai layanan sementara


Laundry yang paling menarik adalah masalah waktu pelayanan. Jika Anda perlu beberapa hari untuk menutup klien, layanannya buruk.

Anda akan kehilangan layanan dari pelanggan yang ingin lebih cepat. Strategi yang dapat digunakan adalah dengan menawarkan pilihan layanan yang berbeda tergantung pada cuaca.

Lamanya waktu pencucian ini juga menentukan harga. Dengan cara ini Anda menjangkau klien yang berbeda dengan kebutuhan yang berbeda.

2. Jalankan promosi hotel gratis


Mereka yang ingin meningkatkan penjualan mereka lebih cepat tidak bisa menunggu pelanggan datang. Bahkan jika Anda sudah memiliki posisi strategis, Anda juga harus mengembalikan bola.

Caranya adalah dengan menawarkan promosi laundry di hotel. Beberapa hotel yang tidak memiliki laundry sendiri memerlukan layanan laundry eksternal. Ini adalah kesempatan Anda untuk memenangkan pelanggan.

Dengan adanya promosi ini, Anda juga harus siap dengan kualitas pakaiannya. Karena mesinnya cukup bertenaga untuk mencuci selimut dan sprei dengan andal. Pastikan Anda memiliki staf yang cukup, meskipun Anda memiliki banyak pesanan binatu.

3. Menerapkan SOP yang benar


Penanganan barang-barang konsumen yang cermat adalah hal terpenting yang harus diperhatikan oleh pemilik pakaian. Oleh karena itu, untuk meminimalkan kerusakan, Anda perlu membuat SOP yang tepat.

Apalagi jika banyak karyawan yang akan bekerja. Jangan biarkan pakaian Anda terlepas atau bahkan hilang. Menerapkan SOP ini akan meningkatkan kinerja bisnis Anda.

Mulai kembangkan SOP, mulai dari laundry hingga penyetrikaan hingga pengemasan. Pastikan juga konsumen mendapat informasi tentang syarat penggunaan layanan Anda agar tidak terjadi kesalahpahaman.

4. Harga tergantung pada target pelanggan


Strategi bisnis tidak pernah lepas dari harga pelayanan yang baik. Untuk melakukan ini, Anda harus dapat menyesuaikannya untuk klien target. Harga untuk konsumen mahasiswa tentunya berbeda dengan linen hotel.

Penelitian lebih lanjut diperlukan pada harga ini karena juga akan bervariasi tergantung pada area di mana Anda membuka bisnis Anda. Harga di wilayah Jakarta pasti akan berbeda dengan harga di Yogyakarta.

Harga akan bersaing dengan perusahaan laundry lainnya. Ini juga lebih baik jika Anda dapat menawarkan perbedaan harga. Jika harga lebih tinggi, Anda dapat memberikan layanan yang lebih baik.

5. Beriklan di jejaring sosial


Gunakan teknologi untuk periklanan atau pemasaran. Anda dapat menggunakan media sosial untuk mempromosikan layanan laundry Anda. Tidak hanya produk yang bisa dijual di jejaring sosial.

Perusahaan jasa juga bisa diiklankan, tentunya dengan konten yang menarik. Langkah ini dapat menarik konsumen yang jarang mengunjungi industri Anda. Mereka yang tertarik dengan aksinya bisa datang dan berlangganan.

Sebagai konten promosi yang menarik, Anda juga dapat menawarkan layanan antar jemput sehingga konsumen dapat dengan mudah menikmati layanan ini. Tentu saja, mengingat jarak dari layanan, jangan lewatkan.

Apalagi sekarang kebanyakan laundry menawarkan jasa pengiriman untuk menarik lebih banyak pelanggan. Perhatikan juga jumlah barang yang diambil dan diantar.

Terapkan semua strategi ini jika Anda ingin bisnis laundry Anda berkembang. Dibutuhkan ketekunan untuk menjual bisnis Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here